Minggu, 10 Maret 2013

Tugas Seorang Pustakawan(tugas 1)



Tugas Seorang Pustakawan
Pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan.
Di perpustakaan-perpustakaan yang memiliki koleksi-koleksi kuno, sudah terbiasa dengan para pustakawan. Orang-orang yang mendedikasikan hidupnya untuk menjaga, merawat, mengelola koleksi perpustakaan. Baik itu majalah, buku, naskah kuno, manuskrip, dan catatan-catatan penting.
Menjaga ribuan buku, naskah, dan catatan agar tetap awet sehingga bisa terus mentransfer ilmu pengetahuan bukan hal yang mudah. Seperti pepatah the right man in the right place, begitulah tugas seorang pustakawan di perpustakaan. Mereka tidak asal menata, mendata, dan menjaga buku. Semua ada ilmunya, bahkan hingga jenjang pasca sarjana.
Salah satu tugas pustakawan yang paling berat adalah reformasi lingkungan yang merupakan tugas. Dan seharusnya pustakawan harus bekerja seperti berikut yaitu dapat bekerja dengan cara menyenangkan, bekerja sambil berkarya sesuai atau berkaitan dengan profesinya, bekerja menjadi diri sendiri sebagai seorang pustakawan yang profesional, mampu bekerja untuk hidup bersama secara harmonis dan tetap menjadi bagian penting dari yang lainnya.
mahendra (09140134/A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar